Kamis, 19 Desember 2013

Rumah Kelinci


Nama Permainan : Rumah Kelinci

  1. Definisi :
    Rumah kelinci adalah sebuah permainan dimana peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelinci dan kelompok srigala. Namun ketika pengintruksi teriak ‘Srigala’, semua kelinci harus berlindung di rumahnya agar tidak tertangkap oleh srigala.
  2. Tujuan :
    Permainan ini bertujuan untuk melatih konsentrasi peserta, agar peserta yang menjadi kelompok kelinci tidak tertangkap oleh srigala. Peserta juga dilatih untuk bekerja sama antara peserta satu dengan peserta lainnya yang sesama menjadi kelompok kelinci.
  3. Karakteristik permainan :
    - Konsentrasi
    - Kerja Sama
    - Aktif
  4. Pelaksanaan dan peraturan permainan
Pelaksanaan:
1.     Cara memulai permainan ini adalah harus ada seseorang yang menjadi pengintruksi yang berperan untuk meneriakkan “kata kunci”. Jika sudah ada seorang pengintruksi maka pengintruksi harus membagi peserta menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kelinci dan kelompok srigala.
2.    Jika sudah ditentukan siapa yang menjadi kelinci dan siapa yang menjadi srigala, semua kelinci dan srigala harus lari bersama mengelilingi lapangan sampai beberapa putaran.
3.    Ketika pengintruksi teriak ‘2 kelinci’, kelinci harus berpasangan 2 orang dan melompat bersama mengelilingi lapangan. Namun untuk kelompok srigala, mereka harus mencari mangsanya jika kelinci tidak berpasangan dan tidak melompat bersama mengelilingi lapangan. (kata kunci tidak selalu 2 kelinci, bisa lebih, misalnya 3 kelinci, 4 kelinci dan seterusnya)
4.    Intruksi yang kedua jika pengintruksi teriak ‘Ombak’, kelinci dan srigala harus saling berpegangan tangan sambil dengan menggerakkan tangan mereka seperti ombak sambil mengeliingi lapangan. Srigala tidak ada yang boleh memangsa kelinci, dan kelinci tidak ada yang boleh lari atau melompat.
5.    Intruksi yang ketiga, jika pengintruksi teriak ‘srigala’, kelinci harus segera masuk ke dalam lingkaran yang sebagai rumah kelinci. Namun, jika ada kelinci yang tidak masuk ke dalam lingkaran, srigala boleh memangsanya. Srigala hanya diperbolehkan memangsa kelinci yang berada di luar lingkaran.
6.    Jika ada seekor kelinci yang tertangkap oleh srigala, kelinci harus keluar dari permainan. Dan mendapatkan sebuah sanksi ketika permainan sudah berakhir.
7.    Permainan berakhir jika srigala sudah mendapatkan 10 ekor kelinci.
8.    Sanksi yang diberikan adalah berupa lari keliling lapangan sebanyak 5 putaran.

Peraturan :
1.     Permainan ini dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kelinci dan kelompok srigala. Kelompok kelinci terdiri dari 10 – 15 orang atau lebih, sedangkan kelompok srigala terdiri dari 3 – 5 orang.
2.    Permainan ini membutuhkan beberapa lingkaran atau maksimal 5 lingkaran yang nantinya digunakan sebagai rumah kelinci.
3.    Lama permainan ini antara 5 – 10 menit.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Aliya Indriyana Tri Wahyuni Template by Ipietoon Cute Blog Design